3 Manfaat Travelling Bagi Kesehatan

March 11, 2020

Travelling bagi banyak orang di dunia adalah suatu kegiatan yang identik dengan keseruan dan kesenangan. Dengan travelling, seseorang dapat break sejenak selama beberapa hari dari rutinitas harian yang menjemukan, dan mengeksplorasi banyak tempat baru yang memiliki keunikan masing-masing, seperti spot wisata, budaya dan makanan. Biasanya travelling dilakukan secara solo (sendirian) atau mengajak teman maupun keluarga.

Ada banyak manfaat travelling yang bisa kamu dapatkan. Selain cerita baru, pengalaman baru dan teman baru, travelling juga punya manfaat bagi kesehatan. Dibawah ini kami telah merangkum beberapa manfaat penting travelling bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

Manfaat Travelling Bagi Kesehatan

Telah dibuktikan secara ilmiah, berikut adalah 3 manfaat travelling yang penting bagi kesehatan.

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Travelling dinilai sangat mampu meningkatkan kesehatan mental. Riset ilmiah membuktikan, travelling memberi efek rasa bahagia dan penghargaan terhadap diri, karena dapat berlibur dan bersantai sambil bersenang-senang, sehingga tingkat stres menurun dan mood berubah jadi lebih baik. Bahkan perubahan mood menjadi lebih baik ini dapat berlangsung lama, bisa berminggu-minggu setelah pulang dari travelling.

Selain itu, travelling juga membuka pikiran, karena kamu harus beradaptasi dan bertemu orang-orang baru, berada di situasi baru dengan budaya yang baru. Pikiran yang terbuka membuat kamu jadi lebih aware terhadap perbedaan budaya, lebih kreatif, percaya diri dan stabil secara emosional.

Mental yang sehat dapat membuatmu lebih bahagia. Jika kamu bahagia, apapun yang kamu kerjakan akan terasa lebih mudah dan ringan, sehingga menimbulkan efek dan manfaat yang baik bagi orang-orang di sekitarmu.

2. Membuat Tubuh Lebih Fit

Saat travelling, tentu kamu tidak hanya mengunjungi satu tempat saja melainkan banyak tempat, yang pasti tidak semuanya higienis.  Riset membuktikan, tubuh yang terpapar patogen  akan otomatis beradaptasi untuk menangkalnya melalui produksi antibodi. Antibodi merupakan protein yang menjaga sistem imunitas tubuh dari serangan sejumlah patogen berbahaya penyebab penyakit.

Semakin sering kamu travelling, bisa jadi semakin kuat pula sistem imunitas tubuhmu karena sering terpapar patogen baru yang tak terhitung banyaknya.

Selain itu, stres yang berkurang karena travelling, dapat membuat rasa cemas juga berkurang sehingga tubuh terhindar dari risiko penyakit jantung. Kekuatan otot tubuh juga dapat meningkat, karena umumnya kegiatan travelling meski ditujukan untuk bersantai bukanlah kegiatan  bermalas-malasan, melainkan kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik, seperti berjalan, berlari, mendaki dan berenang.

3. Mengatasi Susah Tidur

Istirahat yang cukup dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. Sayangnya, banyak orang mengalami susah tidur karena stres yang dibiarkan terus menumpuk. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena masalah pekerjaan, rumah tangga maupun percintaan.

Hal ini sangat merugikan kesehatan, terutama jika dikaitkan dengan risiko penyakit serius akibat kurang tidur, seperti penyakit kardiovaskular, depresi dan gangguan tiroid.

Jika kamu mengalami masalah susah tidur, selain tertib menjalankan pola hidup sehat dengan menjaga asupan makanan bergizi dan berolahraga, kamu juga bisa mengatasinya dengan travelling. Sebab, Saat travelling kamu melakukan diskoneksi dengan penyebab stres sehingga pikiran lebih tenang dan tidur pun lebih nyenyak.

Waktu yang biasanya digunakan melakukan rutinitas harian juga dapat digunakan untuk beristirahat. Jika travelling dilakukan rutin, tentu akan berdampak sangat baik bagi masalah susah tidur yang kamu alami.

Nah, setelah mengetahui betapa penting manfaat travelling bagi kesehatan pasti sekarang kamu sudah tidak sabar untuk travelling bukan? Sebelum berangkat, jangan lupa rencanakan travelling mu dengan baik ya. Agar kamu tidak terkendala masalah apapun disana. Happy travelling guys!